Photobucket
▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲

Senin, 19 Desember 2011

KKTI, Rangkaian Acara ITS Bangkit PKM Non GT PIMNAS 2012

Tanggal 17 Desember 2011 kemarin, jurusan saya, Sistem Informasi ITS, mengadakan sebuah acara berupa kompetisi yang bertujuan untuk mengasah keahlian mahasiswa baru dalam bidang menulis karya tulis, yang disebut dengan Kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KKTI). Acara ini merupakan serangkaian acara dari "Gerakan ITS Bangkit 1000 PKM".  ITS optimis tahun 2012 akan terkumpul ribuan PKM GT maupun non GT yang nantinya bisa diikutkan PIMNAS 2012 di Yogyakarta.
KKTI adalah acara kedua setelah sebelumnya mahasiswa baru termasuk saya, diberikan pengenalan tentang PKM GT atau disebut dengan Pengenalan Karya Tulis Ilmiah (PKTI). KKTI diikuti oleh mahasiswa baru yang berminat dalam bidang karya tulis ilmiah. Saya menjadi salah satu peserta kompetisi ini dan berpartner bersama teman saya, yaitu Putu Linda. Minggu-minggu sebelum KKTI berlangsung, peserta diwajibkan untuk membuat sebuah proposal PKM GT dengan batas pengumpulan yang sudah ditentukan, sehingga PKM yang telah dibuat nantinya akan dipresentasikan pada saat KKTI berlangsung.
KKTI dimulai pukul 09.00 WIB. Acara ini diawali dengan sambutan oleh Bapak Rully Hendrawan. Juri yang diundang dalam kompetisi ini adalah orang-orang yang berkompeten, yaitu Bapak Mujahidin (Dosen SI), Ibu Hanim (Dosen SI), dan Mbak Lisana (salah satu pemenang PIMNAS PKM GT 2011). Para juri pun datang dan kompetisi ini dimulai.

KKTI diawali oleh peserta bernama Birgitta dan Fathiah yang mengangkat gagasan mengenai konservasi orang utan di Indonesia, yaitu dengan konsep membuat pulau baru untuk orang utan. Saya dan Linda mendapat urutan ke 9 untuk mempresentasikan gagasan. Gagasan yang kami usung yaitu masalah krisis air bersih di Indonesia. Dalam PKM yang kami buat, kami memberikan solusi berupa pengolahan air hujan menjadi air layak minum.
Walaupun durasi yang diberikan sedikit, tidak menghalangi para peserta untuk berpresentasi dengan baik. Persaingan sangat ketat karena ide-ide yang dibawakan peserta unik dan kreatif. Selama kompetisi berlangsung, wajah peserta terlihat tegang. Terlebih pada saat pengumuman juara kompetisi ini. Nama peserta yang menang dipanggil satu per satu. Saya tidak menyangka bahwa gagasan yang saya dan Linda bawakan masuk ke dalam tiga besar. Semakin terkejut saat diumumkan bahwa gagasan saya tidak dan Linda menjadi juara satu. Pengalaman yang sangat luar biasa. KKTI diakhiri pukul 13.00 dengan bacaan doa.
Secara keseluruhan, acara ini berlangsung lancar dari awal hingga akhir. Acara dikemas dengan baik sehingga para peserta tidak merasa bosan.
Selanjutnya, SI dan ITS pun optimis tahun 2012 ITS menjadi juara umum PIMNAS. Semoga itu tidak hanya sebuah mimpi, tapi akan benar-benar menjadi kenyataan.
SI Road to PIMNAS! BISA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar