Photobucket
▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲

Senin, 05 Desember 2011

Sistem Informasi Jurusanku yang Unik


Pada tulisan kali ini, saya akan sedikit bercerita tentang keunikan jurusan dimana saya bernaung sekarang. Yap, jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Sekarang saya masih berada di semester 1.  Pada awalnya, saya tidak terlalu tahu apa jurusan Sistem Informasi itu. Banyak bayangan yang terlintas seperti apa perkuliahan di SI. Saya bahkan tidak tahu di jurusan tersebut akan mempelajari mata kuliah apa saja. Saya membayangkan SI itu sama dengan Informatika, dimana jurusan tersebut mempelajari tentang IT saja.
Namun setelah akhirnya saya benar-benar berada di dalamnya, saya sempat bingung di awal. Mata kuliah yang diajarkan di SI ternyata berbeda dengan apa yang saya pikirkan sebelumnya. Memang ada mata kuliah pemrograman untuk membuat aplikasi dan sebagainya, tapi di SI saya juga mendapatkan mata kuliah yang mengajarkan tentang bisnis, yaitu Sistem Fungsional Bisnis. Pada mata kuliah tersebut, saya dan teman-teman disuruh untuk membentuk suatu perusahaan kecil yaitu perusahaan kopi. Kami tidak hanya membentuk perusahaan, tapi kami juga membuat produk kopi sendiri, mulai dari pemilihan biji kopi kemudian mengolahnya hingga menjadi kopi siap minum dan siap untuk dijual. Hmm, ini jurusan berbasis IT atau berbasis kopi?
Selain mata kuliah SFB, ada satu mata kuliah lagi yang menurut saya unik dan belum pernah ada di jurusan lain maupun di universitas lain, yakni Keterampilan Interpersonal. Dilihat dari namanya, dapat kita tahu bahwa mata kuliah ini mengajarkan softskill. Softskill yang dimaksud diantaranya, melatih untuk percaya diri berbicara di depan umum dan mampu menyampaikannya dengan baik, melatih agar lulusan IT nantinya bisa menjadi orang yang bisa diajak bekerjasama, tidak incovered. Selain itu, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat berpikir dan berperilaku dengan kreatif. Semua pembelajaran pada mata kuliah KI ini bisa dibilang unik. Contohnya, pembelajaran pada mata kuliah ini selalu dikemas dengan permainan-permainan di luar kelas (outdoor) yang pastinya memberikan suatu pesan pembelajaran yang penting. Lebih uniknya lagi, saya dan teman-teman mendapatkan sebuah proyek yaitu membuat sebuah pertunjukan berupa drama.


Ini foto-foto pada waktu mata kuliah KI berlangsung. Let's check it out!

Gambar 1: Permainan 20/80    




Gambar 2: Talent Show Drama


Gambar 3: Permainan Desainer


Nah, bisa kita lihat bahwa jurusan saya ini benar-benar unik. he he he

Tidak ada komentar:

Posting Komentar