Photobucket
▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲

Jumat, 23 Desember 2011

All About Stand Up Comedy

Di Indonesia saat ini sedang marak pertunjukan stand up comedy. Munculnya stand up comedy sendiri di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak dulu. Nama-nama beken seperti (alm) Taufik Savalas, dan Ramon P. Tommybeans telah ada sejak dulu di stand up comedy. Sekarang, stand up comedy di Indonesia sudah berkembang.
Munculnya nama-nama seperti Pandji Pragiwaksono dan Raditya Dika, menunjukkan bahwa perkembangan stand up comedy sudah berkembang lebih baik. Generasi tua maupun muda saat ini menggandrungi stand up comedy. Dulu stand up comedy kurang mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat, karena mungkin pada saat itu masyarakt cenderung lebih menyukai 'physical comedy'.

Video stand up comedy seperti Pandji dan Raditya sudah banyak sekali dan bisa di download dimana saja. Download

Stand Up Comedy sendiri merupakan seni lawak yang disampaikan secara personal kepada penonton. Maksudnya, komedian tersebut melawak secara monolog dan dilakukan secara one men show. Sehingga ia tidak membutuhkan lawan main untuk melawak. Biasanya ini dilakukan secara live. Meskipun disebut dengan stand up comedy, komedian tidak harus diam berdiri di tempat.
Semua komedian melakukan pertunjukan stand up comedy dengan caranya sendiri. Beberapa komedian melakukannya dengan duduk di kursi persis seperti orang yang sedang bercerita. Ada juga yang melakukannya dengan berjalan kesana kemari di atas panggung, memainkan microphone bahakan memperagakan kejadian yang ia ceritakan. Dalam masalah penampilan, pertunjukan ini bisa dikatakan tidak terlalu ribet.
Begitu sederhananya bentuk pertunjukan ini, seorang komedian bisa tampil meski dengan hanya memakai t-shirt dan celana pendek. Hal terpenting dalam melakukan pertunjukan stand up comedy adalah lelucon yang disampaikan harus benar-benar lucu. Jika lelucon yang disampaikan tidak lucu (jayus) tidak menutup kemungkinan peonton akan mencibir penampilan mereka.
Dalam sejarahnya, stand up comedy bermula pada abad 18 di Eropa dan Amerika. Disana komedian biasa disebut dengan stand up comic atau comic saja. Lelucon yang disampaikan berupa kritik-kritik sindiran terhadap sesuatu hal yang sifatnya cenderung umum dengan berbagai macam gaya dan gerakan. Di luar negeri ada comic terkenal, yaitu Jerry Seinfeld, Eddie Izzard, Akmal Saleh, Daniel Tosh, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar