Photobucket
▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲

Senin, 19 Desember 2011

Asal Usul Bola Daging

Bola Daging atau sering kita kenal dengan Bakso. Siapa yang tidak tahu makanan bakso? Makanan yang menjadi favorit sebagian besar orang Indonesia termasuk saya, memang benar-benar lezat rasanya. Mulai anak kecil hingga dewasa, mulai kalangan bawah hingga atas, suka dengan makanan yang satu ini. Bola daging yang disajikan dengan kuah kaldu sangat cocok bila dihidangkan selagi hangat dan dimakan saat malam hari atau pada saat hujan. Makanan yang berbahan dasar daging ini memang menarik kalangan manapun. Sudah banyak pula inovasi yang ada, seperti bakso isi keju, buah, dan lain-lain. Tapi sudahkah anda tahu bahwa bakso bukan berasal dari negara kita sendiri?

Bakso berasal dari negeri Cina. Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou, ada seorang pria bernama Meng Bo. Ia tinggal di sebuah desa kecil bersama kedua orangtuanya. Ia adalah pria yang baik dan seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya. Sikap Meng Bo yang berbakti pada ibunya sangat diketahui oleh para tetangga.

Suatu hari, ibunya yang sudah mulai tua sudah tidak dapat makan daging lagi, karena giginya sudah tidak kuat makan sesuatu yang agak keras. Meng Bo ingin sekali membantu ibunya agar bisa mengonsumsi daging lagi. Meng Bo pun berpikir keras bagaimana cara mengolah daging agar ibunya bisa makan daging kembali. Hingga suatu hari, ia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal tersebut, timbul ide yang sangat kreatif dari Meng Bo. Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang sama dilakukan oleh tetangganya yaitu menumbuk. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuk tumbukan daging tersebut menjadi bulatan-bulatan kecil agar nantinya mudah untuk dimakan ibunya. Kemudian ia merebus adonan itu, hingga tercium aroma daging yang lezat.
 

Sang ibu merasa senang karena tidak hanya baksonya yang lezat, tapi juga mudah untuk dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya dapat makan daging lagi.
Kisah berbakti Meng Bo pada ibunya beserta resep bakso, cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou dan kini telah menyebar ke seluruh penjuru negeri.


Dari asal usul bakso sendiri yang berasal dari Tiongkok, tidak salah jika rasa bakso sesuai dengan lidah orang Asia. Selain itu, karena masyarakat Cina beranak-pinak di seluruh penjuru dunia, tidak menutup kemungkinan bakso menjadi makanan yang sangat terkenal dan pastinya perkembangan di awal perkenalan sangat pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar