Photobucket
▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲

Sabtu, 03 Desember 2011

Endah n Rhesa, Nuansa Jazz yang Hijau

Perkembangan musik jazz di Indonesia saat ini bisa dikatakan sudah sangat maju. Kini yang menyukai aliran ini tidak hanya orang-orang tua saja, tapi anak-anak muda sudah mulai menggandrungi aliran musik ini. Di tengah maraknya lagu-lagu beraliran pop melayu yang beredar, jazz selalu membawa kesegaran bagi para pecinta musik.Sekarang sangat banyak band dan penyanyi muda bermunculan mengusung aliran musik ini.
Kali ini saya akan membahas sebuah proyek musik yang terdiri dari gitar bass, akustik dan vokal. Yap, Endah n Rhesa.
Suatu proyek yang bisa dikatakan sebuah band atau duet ini terdiri dari Endah widiastuti (vokal, gitar) dan Ressa Aditya (bass). Nuansa musik yang diusung oleh Endah n Rhesa ini tidak hanya sekedar jazz, tetapi mereka mengeksplor lagu-lagu mereka dengan mencampurkan nuansa-nuansa musik yang lain seperti folk, blues, rock and roll, dan balada. Endah Widiastuti dan Ressa Aditya saling bertemu pada sebuah band rock pada awal 2003. Tidak lama setelah mereka berdua meninggalkan band pada tahun 2004, Endah memilih berkarir solo.
sumber: chaxdbill
Pada awal perjalanan karir solo Endah, Endah merekan lagu-lagu miliknya dengan album berjudul "The New Beginning",sebuah album empat track mini yang didistribusikan secara independen dengan jumlah copy terbatas. Di dalam album tersebut, ada sebuah lagu yang ditambahkan beberapa thumps bass dan membuat campuran menarik dari tiga instrumen, yaitu vokal, gitar dan bass. Lagu ini berjudul "Ketika Anda Mencintai Seseorang".
Endah n Rhesa mulai terinspirasi untuk bermain dengan format akustik minimalis karena band-band lokal, seperti Jalan Cozy Corner, Bonita, dan ANDA. Dalam hal bernyanyi, Endah n Rhesa dipengaruhi oleh Alanis Morisette dan Norah Jones.Selain itu, dalam hal bergitar ada empat "Johns" yang mempengaruhinya dalam bermain gitar, yakni, John Mayer, John Butler, John Scofield, dan John Frusciante. Rhesa mempunyai kepridaian yang unik, yang bermain gitarnya dipengaruhi oleh Jack Johnson, Dave Matthews, James Taylor dan musisi balada lainnya.
Endah n Rhesa bisa menjadi inspirasi kalian agar permusikan di Indonesia tidak membosankan dengan adanya aliran yang itu-itu saja. Eksplor keahlian dalam bermusik!

1 komentar: