Photobucket
▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲

Rabu, 21 Desember 2011

Pembangunan Borobudur Masih Menyimpan Misteri

Bangsa Indonesia memang negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Begitu pula dengan benda-benda peninggalan purbakala, salah satunya adalah candi. Indonesia memiliki banyak sekali candi yang tersebar di seluruh penjuru tanah air, ada Borobudur, Prambanan, Dieng, dan masih banyak lagi. Sekarang saya akan membahas tentang candi Borobudur, lebih tepatnya misteri pembangunan Borobudur.

Borobudur merupakan candi peninggalan sejarah pada abad ke 9. Candi ini terlihat begitu megah dan memiliki nilai seni yang tinggi sehingga tidak salah jika candi Borobudur pernah menjadi salah satu dalam tujuh keajaiban dunia. Mengenai pembangunan candi ini sendiri, selalu ada saja misteri yang menyelimuti. Misteri ini banyak menimbulkan spekulatif yang bermacam-macam pada masyarakat.

Hal yang pastinya mendukung pembuatan candi ini sendiri yaitu desain dan bahan material penyusun candi. Candi ini didesain sangat unik. Candi ini memiliki sepuluh struktur dasar punden berundak dengan enam pelataran berbentuk persegi dan terdapat stupa utama sebagai puncaknya. Bahan material penyusun candi ialah batu berjenis andesit dengan porositas yang tinggi.
Sungguh unik candi Borobudur. Batu-batu besar hanya disusun dan direkatkan hanya dengan menggunakan putih telur. Apakah mungkin?
Banyak orang dari dulu sampai sekarang mengira bahwa candi Borobudur dibangun oleh jin. Hal ini disebabkan pada zaman dahulu belum ada bahan material bernama semen dan belum ada alat berat yang bisa mengangkat batu penyusun candi yang begitu besar dan berat. Ya, sampai sekarang candi Borobudur masih menyimpan misteri. Siapa dan bagaimana cara membangunnya, belum ada orang yang bisa menemukan faktanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar