Photobucket
▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲▼▲

Sabtu, 17 Desember 2011

Sayangi Telinga Saat Mendengarkan Musik

Kini hampir semua gadget dapat digunakan untuk memutar lagu, mulai dari ponsel berharga ratusan ribu hingga laptop berharga jutaan rupiah. Sering sekali kita memakai earphone untuk mendengarkan musik agar tidak menggangu orang lain dan tentunya tidak dapat diganggu oleh orang lain.

Namun, sebenarnya ada resiko yang muncul pada saat kita mendengarkan musik menggunakan earphone. Resiko yang akan terjadi bersifat kerusakan permanen pada telinga, yaitu gangguan pendengaran pada telinga kita. Jika resiko tersebut tidak dicegah, tidak menutup kemungkinan kita akan mengalami penurunan atau bahkan kehilangan fungsi pendengaran secara dini.

Kemungkinan lainnya yang akan terjadi adalah tinnitus alias gejala suara berdering di dalam telinga saat kondisi sunyi senyap. Tinnitus ini dapat menyebabkan kelelahan mental, bahkan depresi, dan halusinasi seakan mendengar musik.
Sebenarnya mendengarkan musik melalui earphone tidak merusak pendengaran kita, namun  karena kebiasaan buruk mendengarkan musik dengan volume keras, membuat telinga kita menjadi rusak. Telinga anda akan mengalami kelelahan dan akan kurang efektif apabila digunakan untuk mendengarkan suara bervolume normal.

Untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan pada pendengaran kita, ada beberapa cara yang dapat dilakukan:
1. Batasi volume musik saat kita mendengarkan menggunakan earphone atau headphone
    Batas volume yang wajar adalah sekita 85 dB atau sekitar 60% dari tingkat volume di kebanyakan              peragkat pemutar musik.
2. Gunakan earphone atau headphone dengan fitur noise cancelling
    Earphone atau headphone ini berguna untuk memblokir suara bising disekeliling kita sehingga kita tidak perlu mengeraskan volume.
3. Bersihkan earphone
Pastikan earbud yang masuk ke telinga dalam keadaan bersih. Kotoran yang menempel pada earbud akan menimbulkan infeksi pada telinga dan nantinya akan mengganggu pendengaran kita.
4. Istirahatkan telinga
Cara ini adalah cara paling mudah untuk mncegah terjadinya gangguan pendengaran akibat mendengarkan musik terlalu sering dengan volume keras. Setidaknya, istirahatkanlah telinga anda 5 menit sekali dalam 15 menit.
5. Batasi durasi menggunakan earphone
Semua hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk mendengarkan musik menggunakan earphone terlalu lama. Gunakan earphone sewajarnya saja. Mendengarkan musik selama berjam-jam juga akan mengurangi fungsi  pendengaran kita secara maksimal.

Sebelum semuanya terlambat, baiknya kita mencegah dari sekarang. Seasyik-asyiknya mendengarkan musik, jauh lebih asyik jika kita mampu mendengar orang berbisik.
*halah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar